Images

Sejarah Spyware


Spyware pertama kali ditemukan pada tanggal 16 Oktober 1995 pada sistem model bisnis Microsoft.Istilah spyware sendiri pertama kali digunakan oleh Gregor Freund, pendiri Zone Labs dalam pers rilisnya mengenai Zone Alarm Personal Firewall tahun 1999.Sejak itu, user menggunakan istilah spyware untuk jenis software pengganggu PC yang “mengintai” kinerja PC.

ditahun 2005 studi oleh AOL dan National Cyber-Security Alliance, 61 persen dari pengguna komputer yang disurvei terinfeksi dengan spyware. 92 persen pengguna disurvei melaporkan bahwa mereka tidak mengetahui kehadirannya, dan 91 persen melaporkan bahwa mereka tidak dimintai persetujuan untuk instalasi spyware. Pada 2006, spyware telah menjadi salah satu ancaman keamanan unggul ke komputer sistem yang menjalankan Microsoft Windows sistem operasi . Komputer yang Internet Explorer (IE) adalah utama browser sangat rentan terhadap serangan tersebut, tidak hanya karena IE adalah yang paling banyak digunakan, tetapi karena integrasi yang erat dengan Windows memungkinkan akses spyware ke bagian penting dari sistem operasi . Sebelum Internet Explorer 6 SP2 dirilis sebagai bagian dari Windows XP Service Pack 2 , browser secara otomatis akan menampilkan jendela instalasi untuk
setiap ActiveX komponen yang website ingin menginstal.

Kombinasi pengguna naif tentang malware , dan asumsi dengan Internet Explorer bahwa semua komponen ActiveX yang jinak, dipimpin, sebagian, untuk penyebaran besar spyware. Komponen spyware Banyak juga akan memanfaatkan eksploitasi di Javascript , Internet Explorer dan Windows untuk menginstal tanpa sepengetahuan pengguna atau izin. Spyware dapat memanfaatkan desain ini untuk upaya menghindar (bersembunyi). Spyware biasanya akan menghubungkan diri dari setiap lokasi di registry yang memungkinkan eksekusi. Setelah berjalan, spyware secara berkala akan memeriksa jika ada link tersebut dihapus. Jika demikian, maka akan secara otomatis dikembalikan. Hal ini menjamin bahwa spyware akan mengeksekusi ketika sistem operasi di-boot, meskipun beberapa (atau sebagian besar) dari link di registri dihapus.




sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Spyware#History_and_development

0 komentar: